Metaverse "Nusameta" Akan Hadir November Mendatang

Grup WIR memperkenalkan Metaverse "Nusameta"

Metaverse "Nusameta" Hadir November Mendatang

Metaverse "Nusameta"  - Dalam Acara Nexticorn International Summit 2022, Web3 telah menjadi subjek besar. Perusahaan Teknologi PT Wir Asia TBK (IDX: WIRG) secara resmi memperkenalkan Metaverse dengan nama Nusameta selama sesi pembukaan di Nexticorn (NXC) International Summit.

Rabu (08/31/2022) Presiden eksekutif dan salah satu pendiri Grup Wir Daniel Surya, membuat siaran pers tentang kerjasama  Data Center dengan DCI Indonesia yang dilakukan oleh Otto Toto Sugiri, dalam rangkaian acara NXCIS 2022 di Destruct Hotel , itdc the nusa dua.

Metadata Universe yang diproduksi oleh perusahaan teknologi di negara ini, Metaverse Indonesia dari Grup WIR, juga akan menyajikan kecanggihan kombinasi teknologi berdasarkan realitas virtual (VR) dan kecerdasan buatan (AI).

Konsep Metaverse itu sendiri, menurut Preben Wik, penasihat teknologi untuk grup WIR, adalah evolusi statis Web 1.0, kemudian berubah menjadi web generasi kedua yang mulai dinamis di mana ada komunikasi untuk dua cara tetapi server tersebut masih terpusat.

Awalnya, Nusameta menggunakan nama Metaverse Indonesia. Produk dan layanan Nusameta World secara bertahap akan diperkenalkan.

Untuk tahap awal, grup WIR akan memperkenalkan avatar aplikasi yang memungkinkan interaksi manusia dengan avatar melalui perangkat seluler. Di masa depan, ia akan menyiapkan kasus penggunaan lain untuk mengisi dunia virtual Nusameta melalui multichannel, seperti Virtual Reality Devices (VR).

Konsep Metaversse adalah bagian dari Web 3.0, di mana pengguna dapat berinteraksi tiga dimensi, yaitu selain dua komunikasi -track, server yang digunakan telah terdesentralisasi.

Menurut Stephen Ng, Group Chief Metaverse Officer dan CEO Metaverse Indonesia, untuk membangun sebuah dunia metadata yang mampu berdiri kokoh dibutuhkan infrastruktur berupa fondasi yang kuat sehingga mampu menopang kegiatan di atasnya

Dibandingkan dengan Metaverse yang sudah ada di pasar teknologi Web 3.0, Stephen menekankan bahwa pengembangan dunia metadata bukanlah persaingan untuk persaingan tetapi bagian dari proses evolusi web generasi sebelumnya.

Aktivitas dunia nyata melalui Metaverse

"Kami membangun ekosistem yang dapat mengubah aktivitas kami di dunia nyata melalui Metaverse, jadi ada komponen O2O (offline at the line)," kata Stephen dalam sesi singkat di Nusameta di WIR Group Stand NXC International Summit 2022, Rabu (08/31/2022) di Hotel Ruikia, Nusa Dua, Badung Regency, Bali.

Stephen telah mengungkapkan bahwa Nusameta akan mengubah kebiasaan nyata dunia dan bahwa ada komponen lain yang membuat metaverse diproduksi oleh kelompok perusahaan yang dibuat pada tahun 2009 sebagai kegiatan di dunia nyata.

Kondisi ini mendorong Internet untuk menjadi pengguna yang berorientasi kepada pengguna dan bukan perusahaan teknologi server raksasa seperti Web 2.0.

Dalam Metavese bernama Nusameta yang akan diluncurkan oleh grup WIR, pengguna menerima ruang untuk kebebasan berekspresi dengan personalisasi avatar atau mandiri dalam bentuk tiga karakter dimensi, sehingga pengguna dapat berinteraksi satu sama lain tanpa terpengaruh oleh stigma sosial yang melekat dalam kelompok masyarakat tertentu.

Dalam komponen ini, kata Stephen, ada dasar ekonomi berkelanjutan yang mampu menarik konsumen dari dunia metadata untuk melakukan transaksi fisik. Selain itu, ada juga media di mana pengguna dapat melakukan dan bermain dan menang ”atau pengguna dapat memainkan game tertentu untuk mendapatkan item atau aset.

"Prototipe Nusameta ditampilkan di acara G20, tetapi kami bertujuan untuk [benar -benar komersial] tahun depan," kata kepala petugas Metavese, Wir's Stephen Ng Group, ketika 'ia berbicara dengan media.

SDM, konten dan monetisasi

Stephen mengungkapkan bahwa Metaversse adalah proyek yang sangat kompleks, dengan intensitas penempatan yang tinggi, dan membutuhkan pengembangan jangka panjang. Selain itu, Metaversse juga melibatkan banyak sumber daya manusia (SDM) dan teknologi lainnya. Dia mengutip Korea Selatan membutuhkan lima tahun dan hingga 40.000 sumber daya manusia untuk mengerjakan proyek Metaversse.

"Akibatnya, kami mencoba strategi lain, yaitu konstruksi platform ekosistem sebagai alat pencipta di mana pencipta dapat bekerja di sana. Jika Anda menghitung sepenuhnya secara internal, itu tidak akan selesai. Sekarang, sekarang, platform ini sedang dalam proses, selanjutnya tahun untuk tergelincir, "jelasnya.

Sementara itu, grup WIR akan mengarahkan pengembangan konten, tetapi ada juga pengembangan yang subjek ke pencipta pihak ketiga melalui proses seleksi. Selain itu, grup WIR akan bekerja sama dengan masyarakat dengan lembaga tersier untuk berpartisipasi dalam pengembangan konten untuk memperkaya nilai Nusameta.

"Ada tantangan dalam perspektif kreatif, jadi kami bekerja dengan beberapa kampus yang terlibat. Metaverse proyek maraton ini dan bidang teknologi sangat banyak. Untuk menemukan orang yang memiliki kapasitas berada di blockchain," katanya.

Stephen enggan menyebutkan biaya modal (CAPEX) untuk bekerja di Nusameta karena ini merupakan investasi jangka panjang, tetapi setidaknya investasi telah disiapkan selama lima tahun ke depan. Dia menambahkan bahwa dampak investasi pada kinerja keuangan akan tergantung pada kecepatan di mana teknologi baru akan muncul.

Ada beberapa model monetisasi yang diperhitungkan, seperti iklan, sponsor, termasuk perdagangan aset digital. "Mengenai Pidato Penjualan Luar Angkasa di Metaversse, kami memperhatikan hal ini. Peraturan apa yang tersedia. Misalnya, tentang penjualan tanah, sekarang kami tidak menyentuhnya. Kami adalah perusahaan terbuka, jadi kami harus berhati -hati dan bertanggung jawab untuk Pemegang saham. Kami tidak ingin Metaverse menjadi wadah spekulatif. "Sampul.

Nusameta juga akan menawarkan layanan publik nyata, di mana transaksi di blockchain dapat menghasilkan transaksi nyata di luar ruang maya Metaversse.

Sementara itu, menanggapi keprihatinan dunia metadata mampu mengikis interaksi organik antara manusia dan mengurangi kepercayaan dirinya untuk tampil sebagai peran avatar yang ditugaskan sendiri dengan casualness Stephen.

Dia berpendapat bahwa Nusameta akan membuat manusia lebih ekspresif berkat tuntutan digital mereka dengan personalisasi Avatar. Sementara itu, Daniel Surya, presiden eksekutif dan salah satu pendiri kelompok WIR, menekankan bahwa ada komponen O2O yang menjadikan Nusameta bertindak sebagai perantara yang mendorong interaksi offline

2 komentar

  1. Sudah beberapa kali mendengar istilah metaverse, namun pemahaman saya masih cukup dangkal. Jika kita sudah terekspos secara langsung mungkin akan lebih mudah konsep baru ini.

    BalasHapus
  2. Supply has been a reliable go-to for all my plumbing needs. Their wide range of products is impressive!"

    BalasHapus